> > Permainan Anak Tradisional dan Sekarang

Permainan Anak Tradisional dan Sekarang

Posted on Tuesday, August 14, 2012 | No Comments
Dijaman sekarang mungkin kita sudah jarang bahkan hampir tidak pernah melihat anak-anak bermaian permainan yang kita mainkan diwaktu kecil, ya kira-kira di abad 19 pada generasi saya.

Dimana waktu itu kita sangat senang bermain dengan kawan-kawan, walaupun diteriknya matahari ataupun disaat hujan lebat. Permainan tradisional yang saya maksud seperti: Congkak, Galah asin atau patok lele untuk nama didaerah saya (Riau), Gasing, Gundu, dan masih banyak lagi. Anda mingkin masih ingat. Berikut contoh gambar-gambar permainan tradisional yang saya dapat dari Google:

Seorang anak yang sedang bermain Congkak

Ini adalah yang dinamakan Galah Asin

Gundu-gundu atau kelereng

Diatas itulah bentuk permainan tradisional, yang mungkin sudah tidak kita temukan lagi anak jaman sekarang memainkannya. Dimasa ini, anak-anak sudah disentuh oleh teknologi yang sangat pesat berkembang didaerah kita. Seperti teknologi komputer, dimana anak-anak (kurang lebih berumur 2 tahun) sekarang sudah mengenal dengan namanya komputer. Mereka dikenalkan oleh para orang tua mereka, sehingga mereka hanya bermain didalam ruangan saja.
Komputer sendiri bisa terdapat ribuan aplikasi permainan yang bisa terinstal, dan anak-anak sangat senang bermain berjam-jam didepan komputer.
Bukan komputer saja yang dapat kita temui disaat ini, seperti permainan konsol, gadget, dan game boy.
Contoh-contoh permainan anak-anak jaman sekarang:

Anak-anak yang sedang asik bermain permainan komputer


Anak-anak yang sedang bermain Playstation

Ini adalah permainan konsol portable atau dulu kita menyebutnya Game Boy

Bagaimana? Kalau saya lihat perbandingannya sangatlah jauh, tapi itulah perkembangan jaman yang mau tidak mau kita haru menjalaninya. Hingga untuk generasi-generasi berikutnya. Dan tugas kita sekarang adalah sekedar untuk mengenalkan kepada mereka bahwa dulu generasi orang tuanya pernah memainkan permainan seperti itu, yang mungkin agak aneh dilihat bagi mereka. Tapi itu sangat penting, agar permainan tradisional ini tidak pernah kita lupakan begitu saja. Karena, terlalu banyak kenangan yang tersimpan dalam memory kita, dimana kita yang begitu asiknya bermain dengan teman-teman kita sehingga tak sadar waktu demi waktu telah terlewatkan.

Leave a Reply